1.    EXAMPLES NON
EXAMPLES
Contoh dapat dari
kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
•    Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
•    Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan melalui OHP
•    Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
•    Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
•    Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusinya
•    Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,
guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
•    Kesimpulan
2.    PICTURE AND
PICTURE
Langkah-langkah :
•    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
•    Menyajikan materi sebagai pengantar
•    Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
•    Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
•    Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
•    Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai   dengan
kompetensi yang ingin dicapai
•    Kesimpulan/rangkuman
1.    EXAMPLES NON EXAMPLES
Contoh dapat dari
kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
•    Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
•    Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan melalui OHP
•    Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk 
     memperhatikan/menganalisa gambar
•    Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar 
     tersebut  dicatat pada kertas
•    Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusinya
•    Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,
guru mulai menjelaskan materi sesuai
      tujuan yang ingin dicapai
•    Kesimpulan
2.    PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
•    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
•    Menyajikan materi sebagai pengantar
•    Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
•    Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
•    Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
•    Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
•    Kesimpulan/rangkuman
3.    NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor,
Spencer Kagan, 1992)
Langkah-langkah :
•    Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam setiap kelompok mendapat nomor
•    Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
•    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar
dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
•    Guru memanggil salah satu nomor siswa
dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
•    Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain
•    Kesimpulan
4.    COOPERATIVE SCRIPT (Dansereau Cs., 1985)
Skrip kooperatif :
metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan
mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
•    Guru membagi siswa untuk berpasangan
•    Guru membagikan wacana/materi tiap siswa
untuk dibaca dan membuat ringkasan
•    Guru dan siswa menetapkan siapa yang
pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
•    Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara
pendengar :
-    Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap
-    Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
•    Bertukar peran, semula sebagai pembicara
ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
•    Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
•    Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar