Senin, 19 Oktober 2015

fungsi uang dan uang penuh (FULL BODIED MONEY)



1.      Fungsi Uang
Kegunaan  uang tercermin  dalam fungsi-fungsi uang. .ungsi uang  dibagi menjadi fungsi asli dan fungsi turunan.
a.      Fungsi Asli
Fungsi  asli  disebut  juga  fungsi  primer  uang.  Berdasarkan  fungsi  asli  ini uang berperan sebagai alat tukar dan alat satuan hitung.
1)      Alat Tukar (Medium of Exchange)
Uang dapat digunakan sebagai alat untuk mempermudah pertukaran. Agar  uang  dapat  berfungsi  dengan  baik,  diperlukan  kepercayaan masyarakat yang bersedia untuk menerimanya. Sebagai alat tukar, uang memungkinkan seluruh transaksi dapat dilakukan dengan mudah.
2)      Sebagai Alat Satuan Hitung (Unit of Count)
Satuan  hitung  diperlukan  untuk  menentukan  harga  suatu  barang. Dengan  demikian,  orang  dapat  melihat besarnya  uang  yang  harus dibayarkan guna memperoleh suatu barang atau jasa. Dengan  adanya  satuan  hitung  ini  kita  pun  dapat  melakukan perbandingan harga suatu barang terhadap barang yang lain.

b.      Fungsi Turunan
Berdasarkan fungsi turunan, uang memiliki fungsi sebagai berikut.
1)      Alat Pembayaran yang Sah
Kebutuhan  manusia akan barang  dan  jasa  yang semakin bertambah dan beragam  tidak  dapat dipenuhi  melalui  cara tukar  menukar  atau barter. Guna mempermudah dalam mendapatkan barang dan jasa yang diperlukan, manusia memerlukan alat pembayaran yang dapat diterima semua orang, yaitu uang.


2)      Alat Penimbun Kekayaan
Sebagian  orang  biasanya  tidak  menghabiskan  semua  uang  yang dimilikinya  untuk  keperluan  konsumsi.  Ada  sebagian  uang  yang disisihkan dan ditabung untuk keperluan di masa datang.
3)      Alat Pemindah Kekayaan
Seseorang yang hendak pindah dari suatu tempat ke tempat lain dapat memindahkan kekayaannya yang berupa tanah dan bangunan rumah ke dalam bentuk uang dengan cara menjualnya. Di tempat yang baru dia dapat membeli rumah yang baru dengan menggunakan uang hasil penjualan rumah yang lama.
4)      Standar Pencicilan Utang
Uang dapat digunakan untuk mengukur pembayaran pada masa yang akan datang.
5)      Alat pendorong Kegiatan Ekonomi
Apabila  nilai  uang  stabil  orang  lebih  bergairah  dalam  melakukan investasi. Dengan  adanya  kegiatan  investasi kegiatan ekonomi  akan semakin meningkat.

2.      Uang penuh (Full bodied Money)
            Nilai uang dikatakan sebagai uang penuh apabila nilai yang tertera diatas uang tersebut sama nilainya dengan bahan yang digunakan. Dengan kata lain nilai nominal = nilai intrinsik. Jika uang itu terbuat dari emas, maka nilai uang itu sama dengan nilai emas yang dikandungnya.
Contoh : uang emas dan uang perak.

DONT FORGET YOUR COMMENT YA GUYSS...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar