1. EXAMPLES NON
EXAMPLES
Contoh dapat dari
kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
• Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
• Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan melalui OHP
• Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
• Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
• Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusinya
• Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,
guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
• Kesimpulan
2. PICTURE AND
PICTURE
Langkah-langkah :
• Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
• Menyajikan materi sebagai pengantar
• Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
• Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
• Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
• Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai
• Kesimpulan/rangkuman
1. EXAMPLES NON EXAMPLES
Contoh dapat dari
kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
• Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
• Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan melalui OHP
• Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar
• Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar
tersebut dicatat pada kertas
• Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusinya
• Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,
guru mulai menjelaskan materi sesuai
tujuan yang ingin dicapai
• Kesimpulan
2. PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
• Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
• Menyajikan materi sebagai pengantar
• Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
• Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
• Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
• Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
• Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor,
Spencer Kagan, 1992)
Langkah-langkah :
• Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam setiap kelompok mendapat nomor
• Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
• Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar
dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
• Guru memanggil salah satu nomor siswa
dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
• Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain
• Kesimpulan
4. COOPERATIVE SCRIPT (Dansereau Cs., 1985)
Skrip kooperatif :
metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan
mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
• Guru membagi siswa untuk berpasangan
• Guru membagikan wacana/materi tiap siswa
untuk dibaca dan membuat ringkasan
• Guru dan siswa menetapkan siapa yang
pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
• Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara
pendengar :
- Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap
- Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
• Bertukar peran, semula sebagai pembicara
ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
• Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
• Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar