Senin, 19 Oktober 2015

macam-macam METODE PEMBELAJARAN



1.    EXAMPLES NON EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
    Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
    Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
    Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
    Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
    Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
    Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
    Kesimpulan

2.    PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
    Menyajikan materi sebagai pengantar
    Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
    Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
    Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
    Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai   dengan kompetensi yang ingin dicapai
    Kesimpulan/rangkuman


1.    EXAMPLES NON EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
    Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
    Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
    Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk 
     memperhatikan/menganalisa gambar
    Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar 
     tersebut  dicatat pada kertas
    Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
    Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai
      tujuan yang ingin dicapai
    Kesimpulan

2.    PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
    Menyajikan materi sebagai pengantar
    Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
    Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
    Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
    Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
    Kesimpulan/rangkuman

3.    NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor, Spencer Kagan, 1992)
Langkah-langkah :
    Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
    Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
    Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
    Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
    Kesimpulan


4.    COOPERATIVE SCRIPT (Dansereau Cs., 1985)
Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
    Guru membagi siswa untuk berpasangan
    Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
    Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
    Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
-    Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
-    Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
    Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
    Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
    Penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar